eq

tika

Minggu, 28 April 2013

Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru




PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU




BIMBINGAN TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU


KEGIATAN 6
PENGGUNAAN BUTIR PENILAIAN INDIKATOR PADA
PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
DIMENSI TUGAS UTAMA II


NAMA                      : ______________________
NO PESERTA        : ______________________
INSTANSI               : ______________________




KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012
Kegiatan 6 : Penggunaan Butir Penilaian Indikator Pada Penilaian Indikator Kinerja Guru Dimensi Tugas Utama II

Tujuan       :  Peserta mampu menilai  Indikator Kinerja Guru pada Dimensi Tugas Utama II dengan cara membandingkan data hasil pengamatan dan/atau pemantauan dengan Butir Penilaian Indikator.

Bahan        : Video Pembelajaran Matema
tika di SD Islam Al Azhar 18 Cianjur. 
                      Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP).
     Format Instrumen Penilaian Kinerja Guru.

Waktu         : 4 x 45 menit

Kegiatan 6 : Latihan ini difokuskan untuk melakukan pengamatan dan penilaian.  

Petunjuk Kegiatan Peserta:
1.    Bacalah pernyataan Indikator Kinerja Guru dan Butir Penilaian Indikator pada Dimensi Tugas Utama II.
2.    Pelajari RPP.
3. Amati tayangan proses pembelajaran yang ada dalam video dan buatlah deskripsi/catatan selama pengamatan  secara individu.
4.    Diskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh, dengan cara:
·      Tentukan fakta-fakta yang mendukung bukti penilaian setiap Indikator Kinerja Guru pada Dimensi Tugas Utama II.
·      Centanglah "ya" atau "tidak"  pada setiap Butir Penilaian Indikator berdasarkan fakta-fakta yang diperoleh.
·      Tentukan nilai Indikator Kinerja Guru.   
5.    Presentasikan   hasil diskusi kelompok yang berupa fakta-fakta, nilai Butir Penilaian Indikator, dan nilai Indikator Kinerja Guru  tersebut di depan forum dan mintalah tanggapan dari kelompok lain.
6.    Buatlah kesepakatan untuk menentukan nilai pada setiap Indikator Kinerja Guru berdasarkan hasil diskusi dalam forum tersebut. 

Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
  1. Memberi kesempatan kepada peserta untuk membaca/menyimak pernyataan Indikator Kinerja Guru, Butir Penilaian Indikator untuk Tugas Utama II yang terdapat pada Instrumen PK-Guru  (10 menit).
  2. Menayangkan Video pembelajaran Matematika di SD Islam Al Azhar 18 Cianjur    (20 menit)
3.    Memberikan kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh secara individu. (15 menit)
4.    Memfasilitasi peserta dalam mempresentasikan hasil diskusi kelompok.
5.    Menayangkan data hasil nilai Indikator Kinerja Guru dari setiap kelompok  (20 menit)
6.    Membantu peserta untuk membandingkan fakta yang diperoleh dengan setiap Butir Indikator dan menentukan skor yang akan diberikan berdasarkan fakta yang diperoleh, serta menentukan nilai Indikator Kinerja Guru untuk Tugas Utama II (15 menit).

Catatan Selama Pengamatan.
Tanggal
:
Dokumen dan bahan lain yang diperiksa
:

Sebelum pengamatan:
1.
2.
3.
…..

Kegiatan/aktivitas guru dan peserta didik selama pengamatan: 
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
....
....
....














Setelah pengamatan:
1.
2.
3.










Tindak lanjut yang diperlukan:



 LEMBAR VERIFIKASI PENILAIAN   HASIL PENGAMATAN   INDIKATOR  KINERJA GURU

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Nomor Pengamatan
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.  Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi



b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan



2.  Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.



b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan IPTEK, dan kehidupan nyata .



c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.



d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)



3.  Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai



b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut



c.   Menguasai kelas



d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual



e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)



f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan



4.  Guru memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran



b.   Menghasilkan pesan yang menarik



c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran



5.  Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar



b.   Merespon positif partisipasi siswa



c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa



d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif



e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar



6.  Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar



b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar



c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai



7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa



b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan



Jika sudah sesuai pindahkan skor pada lembar berikut


LEMBAR PENILAIAN   INDIKATOR  KINERJA GURU

Indikator Kinerja Guru
Butir Penilaian Indikator
Hasil Penilaian
Ya
Tidak
1.    Guru memulai pembelajaran dengan efektif
a.   Melakukan apersepsi


b.   Menyampaikan kompetensi yang akan dicapai dalam rencana kegiatan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

2.    Guru menguasai materi pelajaran
a.   Kemampuan menyesuiakan materi dengan tujuan pembelajaran.


b.   Kemampuan mengkaitkan materi dengan pengetahuan lain yang relevan,  perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .


c.   Tingkat ketepatan pembahasan dengan materi pembelajaran.


d.   Kemampuan menyajikan materi secara sistematis  (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

3.    Guru menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
a.   Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan dicapai


b.   Melaksanakan pembelajaran secara runtut


c.   Menguasai kelas


d.   Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual


e.   Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan


tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant effect)


f.    Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang direncanakan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

4.    Guru memanfaatan sumber belajar/media dalam pembelajaran

a.   Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran


b.   Menghasilkan pesan yang menarik


c.   Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber belajar/media pembelajaran


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

5.    Guru memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
a.   Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar


b.   Merespon positif partisipasi siswa


c.   Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa


d.   Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif


e.   Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]

6.    Guru menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran

a.   Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar


b.   Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar


c.   Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai


7. Guru mengakhiri pembelajaran dengan efektif
a. Melakukan refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa


b. Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau tugas sebagai bagian remidi/pengayaan


Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian indikator  kinerja

Nilai indikator kinerja guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%;  [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]


Tidak ada komentar:

Posting Komentar