PEMBINAAN DAN PENGEMBANGAN PROFESI GURU
BIMBINGAN
TEKNIS MANAJEMEN PROFESIONALISME GURU
KEGIATAN 6
PENGGUNAAN
BUTIR
PENILAIAN
INDIKATOR PADA
PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
DIMENSI TUGAS UTAMA II
NAMA :
______________________
NO PESERTA : ______________________
INSTANSI : ______________________
KEMENTERIAN PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN
BADAN PENGEMBANGAN SUMBER DAYA MANUSIA PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN DAN PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN
2012
Kegiatan
6 : Penggunaan
Butir Penilaian
Indikator Pada Penilaian
Indikator Kinerja Guru Dimensi Tugas Utama II
Tujuan : Peserta mampu menilai Indikator
Kinerja Guru pada Dimensi Tugas Utama II dengan cara membandingkan data hasil
pengamatan dan/atau pemantauan dengan Butir Penilaian
Indikator.
Bahan : Video
Pembelajaran Matema
tika di SD Islam Al Azhar 18 Cianjur.
Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP).
Format Instrumen Penilaian
Kinerja Guru.
Waktu : 4 x 45
menit
Kegiatan 6 : Latihan ini difokuskan untuk
melakukan pengamatan
dan penilaian.
Petunjuk Kegiatan Peserta:
1. Bacalah pernyataan Indikator Kinerja Guru dan Butir Penilaian Indikator pada Dimensi Tugas Utama II.
2. Pelajari
RPP.
3. Amati
tayangan proses pembelajaran yang
ada dalam video dan buatlah deskripsi/catatan selama pengamatan secara individu.
4. Diskusikan
dalam kelompok hasil pengamatan yang diperoleh, dengan cara:
·
Tentukan fakta-fakta yang mendukung
bukti penilaian setiap Indikator Kinerja Guru pada Dimensi Tugas Utama II.
·
Centanglah "ya" atau
"tidak" pada setiap Butir Penilaian Indikator berdasarkan fakta-fakta
yang diperoleh.
·
Tentukan nilai Indikator Kinerja
Guru.
5. Presentasikan hasil
diskusi kelompok yang berupa fakta-fakta, nilai
Butir
Penilaian Indikator, dan
nilai Indikator Kinerja Guru
tersebut di depan forum dan mintalah tanggapan dari
kelompok lain.
6. Buatlah
kesepakatan untuk menentukan nilai pada setiap Indikator Kinerja Guru berdasarkan hasil diskusi
dalam forum tersebut.
Petunjuk Kegiatan Fasilitator:
- Memberi kesempatan kepada peserta untuk membaca/menyimak pernyataan Indikator Kinerja Guru, Butir Penilaian Indikator untuk Tugas Utama II yang terdapat pada Instrumen PK-Guru (10 menit).
- Menayangkan Video pembelajaran Matematika di SD Islam Al Azhar 18 Cianjur (20 menit)
3. Memberikan
kesempatan kepada peserta untuk mendiskusikan dalam kelompok hasil pengamatan
yang diperoleh secara individu. (15 menit)
4. Memfasilitasi
peserta dalam mempresentasikan hasil
diskusi kelompok.
5. Menayangkan
data hasil nilai Indikator
Kinerja Guru dari setiap kelompok (20 menit)
6. Membantu
peserta untuk membandingkan fakta yang diperoleh dengan setiap Butir Indikator dan menentukan skor yang akan
diberikan berdasarkan
fakta yang diperoleh, serta menentukan nilai Indikator Kinerja Guru untuk Tugas Utama II (15 menit).
Catatan Selama
Pengamatan.
Tanggal
|
:
|
Dokumen dan
bahan lain yang diperiksa
|
:
|
Sebelum pengamatan:
1.
2.
3.
…..
Kegiatan/aktivitas guru dan
peserta didik selama pengamatan:
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.
....
....
....
Setelah pengamatan:
1.
2.
3.
…
…
…
|
|
Tindak lanjut yang
diperlukan:
|
LEMBAR VERIFIKASI
PENILAIAN HASIL PENGAMATAN INDIKATOR KINERJA GURU
Indikator
Kinerja Guru
|
Butir Penilaian Indikator
|
Nomor Pengamatan
|
Hasil
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
|||
1. Guru
memulai pembelajaran dengan efektif
|
a.
Melakukan apersepsi
|
|
|
|
b.
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dalam rencana kegiatan
|
|
|
|
|
2. Guru
menguasai materi pelajaran
|
a.
Kemampuan menyesuiakan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
|
b.
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan IPTEK, dan
kehidupan nyata .
|
|
|
|
|
c.
Tingkat ketepatan
pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
|
|
|
|
d. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
|
3. Guru
menerapkan pendekatan/strategi pembelajaran yang efektif
|
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai
|
|
|
|
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
|
c. Menguasai kelas
|
|
|
|
|
d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
|
e.
Melaksanakan
pembelajaran yang memungkinkan tumbuhnya kebiasaan positif (nurturant
effect)
|
|
|
|
|
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
|
|
|
|
4. Guru
memanfaatkan sumber belajar/media dalam pembelajaran
|
a. Menunjukkan keterampilan dalam penggunaan sumber belajar/media
pembelajaran
|
|
|
|
b. Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|
|
c. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
|
|
|
|
5. Guru
memicu dan/atau memelihara keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
a. Menumbuhkan partisipasi aktif siswa melalui interaksi guru,
siswa, sumber belajar
|
|
|
|
b. Merespon positif partisipasi siswa
|
|
|
|
|
c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
|
|
d. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
|
e. Menumbuhkan keceriaan dan antusiasme siswa dalam belajar
|
|
|
|
|
6. Guru
menggunakan bahasa yang benar dan tepat dalam pembelajaran
|
a. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
|
b. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
|
c. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
|
7. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a. Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau
tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
|
Jika sudah
sesuai pindahkan skor pada lembar
berikut
|
LEMBAR PENILAIAN INDIKATOR KINERJA GURU
Indikator
Kinerja Guru
|
Butir Penilaian Indikator
|
Hasil
Penilaian
|
|
Ya
|
Tidak
|
||
1.
Guru memulai pembelajaran dengan
efektif
|
a.
Melakukan apersepsi
|
|
|
b.
Menyampaikan kompetensi yang akan
dicapai dalam rencana kegiatan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk penilaian
indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja guru =
{(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
2.
Guru menguasai materi pelajaran
|
a.
Kemampuan menyesuiakan materi
dengan tujuan pembelajaran.
|
|
|
b.
Kemampuan mengkaitkan materi
dengan pengetahuan lain yang relevan,
perkembangan Iptek , dan kehidupan nyata .
|
|
|
|
c.
Tingkat ketepatan
pembahasan dengan materi pembelajaran.
|
|
|
|
d. Kemampuan menyajikan materi secara sistematis (mudah ke sulit, dari konkrit ke abstrak)
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
3.
Guru menerapkan pendekatan/strategi
pembelajaran yang efektif
|
a. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kompetensi yang akan
dicapai
|
|
|
b. Melaksanakan pembelajaran secara runtut
|
|
|
|
c. Menguasai kelas
|
|
|
|
d. Melaksanakan pembelajaran yang bersifat kontekstual
|
|
|
|
e. Melaksanakan pembelajaran yang memungkinkan
|
|
|
|
tumbuhnya kebiasaan
positif (nurturant effect)
|
|
|
|
f. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan alokasi waktu yang
direncanakan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
4.
Guru memanfaatan sumber
belajar/media dalam pembelajaran
|
a.
Menunjukkan keterampilan
dalam penggunaan sumber belajar/media pembelajaran
|
|
|
b. Menghasilkan pesan yang menarik
|
|
|
|
c. Melibatkan siswa dalam pembuatan dan pemanfaatan sumber
belajar/media pembelajaran
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
5.
Guru memicu dan/atau memelihara
keterlibatan siswa dalam pembelajaran
|
a.
Menumbuhkan partisipasi
aktif siswa melalui interaksi guru, siswa, sumber belajar
|
|
|
b. Merespon positif partisipasi siswa
|
|
|
|
c. Menunjukkan sikap terbuka terhadap respons siswa
|
|
|
|
d. Menunjukkan hubungan antar pribadi yang kondusif
|
|
|
|
e. Menumbuhkan keceriaan dan antusisme siswa dalam belajar
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya untuk
penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x
100%; [(0<x≤25%)=1;
(25%<x≤50%)=2; (50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
||
6.
Guru menggunakan bahasa yang benar
dan tepat dalam pembelajaran
|
a. Menggunakan bahasa lisan secara jelas dan lancar
|
|
|
b. Menggunakan bahasa tulis yang baik dan benar
|
|
|
|
c. Menyampaikan pesan dengan gaya yang sesuai
|
|
|
|
7. Guru
mengakhiri pembelajaran dengan efektif
|
a. Melakukan
refleksi atau membuat rangkuman dengan melibatkan siswa
|
|
|
b.
Melaksanakan tindak lanjut dengan memberikan arahan, atau kegiatan, atau
tugas sebagai bagian remidi/pengayaan
|
|
|
|
Jumlah pernyataan Ya
untuk penilaian indikator kinerja
|
|
||
Nilai indikator kinerja
guru = {(total pernyataan YA)/(total indikator penilaian kinerja)} x 100%; [(0<x≤25%)=1; (25%<x≤50%)=2;
(50%<x≤75%)=3; (75%<x≤100%)=4]
|
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar